Bintang : Zlatan Ibrahimovic, Magic Ibracadabra Masih Ada

Diposkan oleh Hulu on 09 June, 2011

Bintang : Zlatan Ibrahimovic, Magic Ibracadabra Masih Ada
VIVA-BOLA, Sempat tenggelam karena badai cedera yang menimpa saat hendak membela timnas, Zlatan Ibrahimovic menunjukkan kembali daya magis nya. Ia berhasil mencetak hattrick saat membawa Swedia menangguk kemenangan besar 5-0 atas Finlandia, di Rasunda Stadion, Rabu (8/6) dinihari WIB. Partai kemarin juga menjadi yang pertama bagi striker AC Milan tersebut berkostum Blågult, julukan timnas Swedia, sepanjang tahun 2011.

Hebatnya, ia masuk ke arena pertandingan sebagai pemain pengganti bagi striker Ola Toivonen pada menit ke-25. Penyerang berusia 29 tahun tersebut langsung tancap gas untuk memberi kontribusi bagi pasukan Erik Hamrén tersebut. Enam menit setelah masuk, ia sudah menjebol jala tim tamu melalui sepakan terukur yang menerabas keras ke pojok bawah. Tiga menit kemudian, ia kembali menyumbang gol, kali ini menyelesaikan umpan gelandang Sebastian Larsson, yang sebelumnya meliak-liuk di area pertahanan lawan.

Delapan menit usai rehat, ia membuat kiper Anssi Jaakkola kembali memungut bola dari gawang, setelah menerima umpan tendangan bebas Kim Kallstrom. Dua gol lain tuan rumah dicetak Kallstrom pada menit ke-11, dan gol penutup via Emir Bajrami, tujuh menit jelang usai laga.

Aksi menawan Ibra membuat Swedia kini membuka lebar peluang lolos ke putaran final Euro 2012 tahun depan. Saat ini, mereka mengemas 15 poin, tertinggal tiga angka dari Belanda dan unggul tiga angka dari Hungaria, yang sudah melakoni satu pertandingan lebih banyak dibanding Swedia. Pertandingan menentukan akan terjadi pada 2 September mendatang, saat Swedia melawat ke Hungaria. Swedia berharap bisa menang atas San Marino (6/9), Finlandia (7/10) dan menjamu tim yang kemungkinan sudah lolos, Belanda (1/10).

Kembalinya Ibra membuat pelatih Erik Hamrén optimis timnya bisa lolos empat kali secara beruntun ke putaran final Euro.

“Ibra tampil memberi perbedaan. Ia sudah kembali dan menunjukkan level kebintangannya. Tentu saja saya sangat senang dengannya, karena bagaimanapun dia bukan hanya seorang striker, melainkan pemimpin bagi rekan-rekan lainnya. Soal skill, tak ada yang meragukan itu,” tegas Hamrén.

Penampilan penyerang berpostur 195 cm ini memang menawan. Ia sangat kompak dengan pergerakan Anders Svensson, Kim Kallstrom, Sebastian Larsson dan Emir Bajrami, yang memasok bola dari lini tengah. Duetnya dengan sesama penggedor bertubuh besar, Johan Elmander, juga mumpuni.

“Hari ini saya mendapat banyak bantuan dari Elmander. Dia bekerja sangat banyak, dan itu membuatku sangat mudah untuk mendapatkan ruang tembak. Saya senang bisa kembali mencetak gol untuk timnas, dan kini konsentrasiku adalah membawa kemenangan untuk lolos tahun depan,” tegas Ibra, yang sudah mengoleksi 28 gol bersama timnas. (m n budiarto)