Joachim Low Masih Berkesempatan Eksperimen Skuad Inti EURO 2012

Diposkan oleh Hulu on 13 June, 2011

Joachim Low Masih Berkesempatan Eksperimen Skuad Inti EURO 2012

VIVA-BOLA, Joachim Low, pembeseut tim nasional Jerman punya banyak waktu untuk tentukan skuadnya jelang EURO 2012 tahun depan. Low membawa Jerman selangkah lagi lolos ke putaran final setelah tampil tak terkalahkan selama kualifikasi Grup A.

Low yang membawa Jerman meraih poin penuh di tujuh laga kualifikasi tanpa pernah kalah akan mencoba berkesperimen guna tentukan skuad intinya di Polandia dan Ukraina tahun depan.

Low merasa memiliki banyak pilihan yang bagus, baik para pemain seniornya, maupun para pemain muda serta para debutan. Talenta hebat yang banyak bermunculan tentu membuat pusing Low menentukan skuad, dalam artian positif tentunya.

Oleh karena itu, mantan asisten Juergen Klinsmann tersebut akan memanfaatkan laga persabahabatan dan laga sisa kualifikasi untuk berkesperimen dan mengkombinasikan pemain muda dan para seniornya untuk temukan formula tepat.

Karena, Der Panzer tentu mengejar gelar Eropa keempatnya yang terakhir kali diraih tahun 1996. Untuk itu, sejumlah nama akan dipanggil untuk disatukan, kemudian emnemukan kombinasi yang tepat lewat sejumlah laga persahabatan dan kualifikasi.

Jerman akan melakoni laga kualifikasi lagi kontra Austria di Gelsenkirchen. Dan jika kali ini Die Nationalmannschaft berhasil memetik poin penuh, satu tiket putaran final sudah tentu akan didapat.

Selain itu, Manuel Neuer dkk akan menjalani dua laga persahabatan melawan salah satu tuan rumah, Ukraina pada 11 November di Kiev dan menjamu The Clockwork Orange, Belanda di Hamburg empat hari kemudian.

Tentunya dua laga ini akan jadi kesempatan Low temukan formula tepat jelang Euro 2012 yang akan dibuka 8 Juni tahun depan di Warsawa.

“Saya akan manfaatkan enam bulan ini untuk menjajal dan bereksperimen. Tentunya ada sejumlah pemain yang sudah tak perlu membuktikan kualitasnya tapi saya pikir akan ada banyak perubahan di tubuh tim nasional, tapi saya baru akan menentukan skuad utama, empat minggu jelang pembukaan turnamen,” ungkap Low sebagaimana disitat Theworldgame.com, Senin (13/6/2011).

Joachim Loew dikabarkan juga masih bimbang apakah masih akan memasukkan nama Michael Ballack untuk masuk tim nasional Jerman di Euro 2012 atau tidak. Hal ini disebabkan Ballack yang sudah lama tak gabung dengan yang lain akibat cedera.

Michael Ballack terakhir kali membela Die Nationalmannschaft, pada Maret 2010 lalu pda laga persahabatan kontra Argentina. Bahkan Ballack melewatkan Piala Dunia 2010 akibat cedera yang didapatnya saat masih memperkuat Chelsea.

Kembalinya Ballack tentu akan menimbulkan masalah baru, jabatan Hauptmann yang selama ini dipegang Verteidiger Bayern Munich, Philip Lahm sejak Piala Dunia lalu. Hal ini tentu akan jadi bahan permasalahan dimana Ballack tentu juga masih mengharapkan ban kapten masih akan tersemat di lengannya saat dia kembali ke timnas.

Loew sejatinya sudah ingin melupakan Ballack, terkait sudah ada beberapa pemain muda yang mampu menggantikan perannya di lini tengah. Namun melihat prestasinya yang mampu mengangkat Bayer Leverkusen menjadi Runner-up Bundesliga, ditambah permintaan sang Presiden DFB (PSSI-nya Jerman), Theo Zwanziger, Loew akan coba mendiskusikan hal ini dengan sang pemain sendiri.

“Kami berdua memang sudah tak bicara satu sama laim sejak lama. Tapi saya akan mulai berbicara dan berdiskusi dengannya lagi dalam waktu dekat ini. Semua pihak tentu menantikan solusi yang terbaik,” imbuh Loew seperti dikutip Bild am Sonntag, Minggu (12/6/2011).

Loew juga meyakinkan bahwa dirinya belum menentukan skuad utama yang akan dibawa ke EURO 2012 Polandia-Ukraina, jadi siapapun masih berkesempatan menunjukkan dirinya untuk jadi pilihan yang terbaik.

“Kami punya (Per) Mertesacker, (Philip) Lahm, (Bastian) Schweinsteiger, (Lukas) Podolski, (Miroslav) Klose yang menjadi pemain kunci dalam beberapa tahun terakhir ini. Lalu mulai berdatangan pemain muda sangat baik seperti (Mesut) Oezil, (Thomas) Mueller dan (Mario) Gomez. Dan saya yakin akan banyak lagi pemain muda potensial yang akan bermunculan,” tambah mantan asisten Juergen Klinsmann tersebut.

“Namun, meski begitu, masih jauh bagi saya untuk menentukan staring line-up untuk EURO 2012. Setidaknya saya akan mengumumkannya enam bulan kedepan,” tutup Loew.