Jose Mourinho Lirik Edin Dzeko ke Santiago Bernabeu

Diposkan oleh Hulu on 17 June, 2011

Jose Mourinho Lirik Edin Dzeko ke Santiago Bernabeu
VIVA-BOLA, Tak juga mendapat titik terang transfer Sergio ‘Kun’ Aguero dan Neymar, Real Madrid mengarahkan bidikan ke Inggris. Isu menyebut, Los Blancos menjadikan Edin Dzeko target alternatif.

Berita ketertarikan Madrid kepada Dzeko muncul dari sejumlah media Inggris. The Sunmenyebut Jose Mourinho telah mengajukan tawaran 20 juta pounds kepada Manchester City (Man City) untuk tanda tangan penyerang Bosnia-Herzegovina itu.

Sementara The Daily Mail mengungkapkan kabar yang memastikan Dzeko adalah bidikan lama Mou. Saat Dzeko memutuskan bergabung ke City of Manchester Stadium, 3 Januari 2011, Mourinho juga mengajukan tawaran kepada VfL Wolfsburg. Belum ada komentar resmi dari Mourinho maupun Madrid mengenai kabar itu.

Namun potensi Dzeko merapat ke Santiago Bernabeu terbentang sangat luas di depan mata. Pasalnya Madrid sepertinya mulai putus asa membujuk Aguero maupun Neymar.

Tentang Aguero, Madrid dan Atletico Madrid memiliki perjanjian khusus. Perjanjian menyebut Aguero tidak akan diizinkan pergi ke Estadio Bernabeu. Sementara mengenai Neymar, Santos kemungkinan besar enggan melepaskan aset paling berharganya itu.

“Situasi saat ini sangat rumit. Saya senang bermain di Eropa, seperti pemain pemain Brasil lain. Namun saat ini saya masih pemain Santos. Saya masih terikat kontrak yang harus dihormati. Konsentrasi saya juga hanya ke Copa Libertadores. Setelah itu Copa America. Saya ingin meraih kedua gelar itu,” kata Neymar dikutip AS.

Tidak hanya faktor Aguero dan Neymar, kemungkinan mulusnya rencana Madrid memburu Dzeko juga disebabkan kondisi internal The Citizens. Fakta menunjukkan, penampilan Dzeko setengah musim lalu kurang sesuai harapan Roberto Mancini maupun fans Man City. Dia hanya mencetak enam gol dari 21 pertandingan resmi Man City pada semua kompetisi.

Di Liga Premier, pemain kelahiran Sarajevo, 17 Maret 1986, itu juga hanya menyumbang dua gol dari 15 laga. Buntut minimnya kontribusi Dzeko, Mancini dikabarkan terus berburu penyerang baru. Selain Neymar, Mancini juga dikabarkan tertarik meminang Didier Drogba. Tim juara Piala FA 2011 itu juga masuk dalam perburuan Alexis Sanchez.

Artinya, peluang Dzeko hengkang sangat besar bila Mancini sukses mendapatkan pemain pemain baru. Apalagi, pada transfer window musim dingin lalu, Madrid juga sukses meminjam Emmanuel Adebayor dari Man City.

“Rencana transfer kami disesuaikan dengan kebutuhan tim dan permintaan pelatih. Di Madrid, pelatih memiliki kewenangan penuh menentukan pemain yang akan dibeli atau dijual. Kami percaya penuh pada kualitas pelatih saat ini (Mourinho). Kami akan lihat pemain yang diinginkan pelatih di transfer window kali ini,” kata Direktur Hubungan Antarlembaga Emilio Butragueno kepada Marca.

Selain lini depan, Madrid juga terus berusaha memperkuat lini tengah. Mereka masih mencari seorang gelandang bertahan yang memiliki kemampuan merusak alur serangan lawan. Gelandang bertahan dibutuhkan karena Madrid tidak lagi tertarik menggunakan tenaga Lassana Diarra.

Setelah tidak masuk dalam skema Mourinho musim depan, Diarra pun diincar sejumlah klub Italia dan Inggris. Tottenham Hotspur bahkan dikabarkan berani membayar 18 juta pounds. Juventus juga dikabarkan tertarik meminang Diarra. Nakhoda baru Juventus Antonio Conte sempat meminta Diarra bergabung. Mereka berencana menukar Diarra dengan Momo Sissoko. Pasalnya, Madrid sempat mengungkapkan ketertarikan menggunakan tenaga Sissoko.

“Saya senang dengan ketertarikan Madrid. Saya bangga karena mereka merupakan salah satu tim terbaik dunia. Namun, saat ini saya masih pemain Juventus,” kata Sissoko. (a ananto)