Liverpool Gaet Stewart Downing Manjakan Duet Carroll - Suarez

Diposkan oleh Hulu on 25 June, 2011

VIVA-BOLA, Liverpool kembali melakukan langkah mengejutkan. Pelan namun pasti, The Reds berhasil mengumpulkan para gelandang bertalenta tinggi yang beredar di Premiership. Setelah berhasil menggaet the rising star, Jordan Henderson, pelatih Kenny Dalglish sesaat lagi bakal kedatangan satu amunisi mumpuni, gelandang kidal Stewart Downing.

Downing bakal mendarat di Anfield setelah bos kubu Merseyside, Tom Werner setuju untuk menggelontorkan dana tambahan 19 juta pounds atau lebih dari Rp 256,5 miliar bagi pemain berusia 26 tahun tersebut. Gelandang alumni akademi junior Middlesbrough ini memiliki kemampuan di atas rata- rata untuk ukuran pemain kidal.

Dia memiliki dua keunggulan utama yang membuat tim manapun yang memakai jasanya, tak akan kecewa. Harga yang harus dibayar Liverpool pada Aston Villa bakal terbayar lunas dengan kemampuannya dalam menyisir sisi lapangan, baik kiri maupun kanan.

Dalam catatan Opta, gelandang berpostur ideal, 180 cm, ini mampu mencetak waktu rata-rata 11,2 detik untuk berlari di jarak 100 meter, sepanjang musim lalu. Kaki kidalnya juga sangat berbahaya tatkala mengirim sepakan keras ke arah gawang lawan. Eksekusi free kick-nya juga tergolong istimewa.

Satu keunggulan, dan ini sebagai modal berharga pemain sayap, adalah kemampuannya mengirim umpan sempurna untuk tukang gedor. Hal inilah yang tengah dibidik Dalglish, untuk memaksimalkan Andy Carroll dan Luis Suarez. Umpan-umpan matang nan memanjakan niscaya bisa mengatrol duet yang musim lalu hanya sempat bermain bersama dalam beberapa partai saja.

“Sebenarnya kami tidak ingin melepasnya pergi, tapi mungkin ada sesuatu yang harus ia lakukan agar kariernya bisa terus berkembang, terutama pengalaman di Eropa. Saya pikir, dia bakal menjadi pelayan kelas satu di Anfield musim depan, dan itu kabar buruk bagi para pesaing Liverpool,” tutur Alex McLeish, pelatih Aston Villa.

Kedatangan Downing bakal membuat lini tengah tim asal kota pelabuhan tersebut makin berkualitas. Lihat saja, di sana ada Steven Gerrard, Raul Meireles, Jordan Henderson dan Downing. Belum lagi ada Maxi Rodríguez, Dirk Kuyt, gelandang muda Jonjo Shelvey, Jay Spearing dan Nabil El Zhar.

Kepergian Downing ternyata sudah diantisipasi Aston Villa, dengan mendatangkan Charles N’Zogbia, Carlos Cuellar dan Victor Wanyama.