Michael Ballack Harus Rela Tergusur Pemain Muda Usia

Diposkan oleh Hulu on 17 June, 2011

Michael Ballack Harus Rela Tergusur Pemain Muda Usia
VIVA-BOLA, Michael Ballack tak bisa lagi menambah caps di timnas Jerman. Sebab, gelandang 34 tahun itu sudah tak masuk rencana masa depan pelatih Joachim Loew yang lebih memprioritaskan pemain muda.

”Dalam beberapa bulan terakhir terus bermunculan para pemain muda dengan prospek yang luar biasa,” kata Loew seperti dikutip Reuters.

Karena alasan itu, Loew meminta Ballack tidak terlalu berharap.

”Setelah sekian pembicaraan telepon dengan Michael Ballack, sebelum Euro 2012, kami ingin memastikan posisinya,” ujarnya.

Berdasar pembicaraan itu, Loew menyimpulkan bahwa Ballack bisa menerima jika namanya harus tercoret dari timnas Jerman untuk selamanya. Dengan begitu pula, Loew bisa memotivasi penggawa muda Jerman untuk melampaui prestasi Ballack.

Satu dekade terakhir Ballack ikut mewarnai prestasi Jerman di kancah internasional. Dia berhasil membawa Jerman menembus final Piala Dunia 2002 dan semifinal empat tahun kemudian. Pemilik 98 caps itu juga ikut atas sukses Jerman meraih posisi runnerup di Euro 2008.

”Dia telah menandai eranya sebagai seorang kapten yang selalu menjadikan tim sebagai nomor satu,” jelas Loew.

Loew juga mempertimbangkan kondisi Ballack yang tak pernah membela timnas sejak Maret tahun lalu. Itu terjadi setelah dia cedera engkel yang memaksanya gagal tampil di Piala Dunia 2010.

Ketika Ballack cedera, posisinya digantikan Sami Khedira yang tampil luar biasa di Piala Dunia 2010. Nah, saat Khedira tampil konstan baik di timnas maupun Real Madrid, Ballack justru kerap dilanda cedera.