Tekuk AS 4-2, Meksiko Juara CONCACAF Gold Cup 2011

Diposkan oleh Hulu on 26 June, 2011

Tekuk AS 4-2, Meksiko Juara CONCACAF Gold Cup 2011
VIVA-BOLA, Meksiko sukses mempertahankan gelar juara Gold Cup yang diraihnya dua tahun lalu. Bertanding melawan negara yang sama seperti final sebelumnya, Amerika Serikat AS), El Tri perkasa dengan kemenangan 4-2, Sabtu (25/6).

Yang lebih hebat, kemenangan tersebut didapat dengan cara yang tidak mudah. Javier "Chicharito" Hernandez dkk sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu dari tuan rumah. Beruntung, para pemain El Tri cepat bangkit dan menyudahi perlawanan The Sam's Army.

Perjuangan berat Meksiko diawali saat AS membuka keunggulan pada menit ke-8. Sepak pojok Freddy Adu, sukses dikonversi sundulan Michael Bradley yang menghujam jala Meksiko.

Gol tersebut rupanya melecut semangat para pemain AS. Terbukti tak lama berselang, AS kembali menambah gol pada menit ke-23 melalui Landon Donovan.

Seakan tak ingin menerima kekalahan pertama dalam gelaran Gold Cup 2011, Meksiko langsung membalas. Tak tanggung-tanggung, dua gol balasan langsung tercipta dalam interval hanya tujuh menit.

Gol pertama Meksiko lahir pada menit ke-29 melalui Pablo Berrera. Pada menit ke-36, Andres Guardado yang lolos dari jebakan off-side tanpa ampun berhasil membuat kedudukan imbang kembali 2-2.

Usai jeda, Meksiko langsung tancap gas. Lima menit memasuki babak kedua, untuk kedua kalinya Barrera berhasil menceploskan bola ke gawang Tim Howard dan membawa Meksiko berbalik unggul.

Tak menyangka dua golnya dapat dibalas, AS berusaha tampil habis-habisan. Anak-anak asuhan Bob Bradley mengurung pertahanan Meksiko untuk mencari gol ketiga.

Namun sayangnya, keasyikan menyerang, lini pertahanan AS menjadi lengah. Hasilnya, El Tri mampu memperoleh gol keempat melalui Giovani Dos Santos. Skor pun berubah menjadi 4-2 yang bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan hasil tersebut, Meksiko berhasil mempertahankan gelar juara Gold Cup. Secara keseluruhan, Meksiko juga menjadi negara terbanyak yang meraih titel juara dengan 9 gelar.

Sementara itu pesona Javier "Chicharito" Hernandez semakin menjadi. Chicharito memang tidak mencetak satu gol pun pada partai puncak. Keempat gol Meksiko dicetak oleh rekan-rekannya yang lain, yakni Pablo Berrera (2 gol), Andres Guardado dan Giovani Dos Santos.

Namun, secara keseluruhan peran Chicharito sangat krusial bagi Meksiko selama berlaga di Gold Cup 2011. Terbukti, Chicharito berhasil menorehkan tujuh gol yang membuatnya menjadi top skorer turnamen tersebut.

Tak hanya itu, Chicharito juga ditasbihkan sebagai pemain terbaik Gold Cup 2011. Sedangkan untuk penjaga gawang terbaik, jatuh kepada kiper Honduras, Joel Valladares.