Negosiasi Barcelona - Arsenal Soal Cecs Fabregas Masih Buntu

Diposkan oleh Hulu on 08 July, 2011

Negosiasi Barcelona - Arsenal Soal Cecs Fabregas Masih Buntu
VIVA-BOLA, Harapan Barcelona segera merekrut kapten Arsenal Cesc Fabregas belum terwujud. Kedua klub dibedakan 11 juta euro dan metode pembayaran. Fabregas, yang dipercaya sudah akan berseragam Barcelona pada pekan ini, nyatanya masih berstatus pemain Arsenal. Tidak adanya kesepakatan antara kedua klub disebabkan keengganan salah satu pihak berkompromi.

El Azulgrana ––julukan Barcelona–– bersikeras hanya menawar 29 juta euro untuk Fabregas. Padahal,The Gunners ––julukan Arsenal–– menetapkan harga 40 juta euro. Kedua klub juga urung sependapat menyangkut cara pembayaran. Barcelona merasa uang yang mereka ajukan ke Arsenal, termasuk transfer Jon Toral dan Hector Bellerin, dua pemain akademi La Masia yang direkrut Arsene Wenger pada musim ini.

Klub asal Katalan itu menghargai keduanya sebesar 6 juta euro. Namun, Arsenal tidak menganggap demikian. Mereka menilai kompensasi 600.000 euro yang telah dibayarkan ke Barcelona demi memboyong Toral dan Bellerin ke London cukup wajar karena dua remaja itu tidak memiliki kontrak profesional.

Namun,Barcelona menganggap angka itu tidak pantas mengingat mereka mengeluarkan banyak biaya saat mendidik Toral dan Bellerin. Berlarut-larutnya negosiasi Barcelona - Arsenal ini sebenarnya sudah bisa ditebak, melihat sejarah rumor transfer Fabregas.

El Azulgrana telah mendekati Fabregas sejak 2008,tapi pinangan mereka selalu ditolak The Gunners. Kedua klub kemudian dipercaya akan berjabat tangan musim panas ini menyusul indikasi menyerahnya Arsenal menghadapi rongrongan Fabregas yang meminta mereka melegonya ke Barcelona. Nyatanya, Arsenal tetap ngotot mengamankan jasanya.

Situasi demikian dipercaya bakal terus berlanjut hingga pertengahan Agustus. Kalau Barcelona - Arsenal urung sepakat, Fabregas niscaya menetap di Emirates. Deadline tersebut menjadi batas mengingat kedua klub harus mempersiapkan diri menyambut musim 2011/2012.

’’Kami tidak terburu-buru. Kami punya waktu setidaknya satu bulan lagi untuk merealisasikan kedatangan pemain yang kami inginkan. Kami minta semuanya bersabar,’’ ungkap Wakil Presiden Barcelona Josep Bartomeu.

Jaminan itu cukup untuk meyakinkan Fabregas bahwa dirinya tidak lama lagi mendarat di Camp Nou. Dia bahkan dikabarkan sudah mengucapkan selamat tinggal ke Robin van Persie dkk ketika mengikuti latihan pramusim di London.

’’Dia berkata tidak bakal membela Arsenal lagi,’’ ujar sumber di Arsenal, dilansir The Sun.

Sementara itu masa depan Samir Nasri yang diisukan mengikuti jejak Fabregas, juga masih belum jelas. Dia diberitakan telah meneken kontrak bersama Manchester City. Namun Nasri tidak juga dilepas. Daily Mail menyatakan bahwa hal tersebut disebabkan tidak adanya pengganti gelandang berkebangsaan Prancis itu.

Arsenal baru akan melepas Nasri jika playmaker Valencia Juan Manuel Mata, yang diidentifikasikan Wenger sebagai suksesor ideal Nasri, sukses digaet. The Gunners diberitakan telah mengajukan 21 juta pounds bagi Mata. Proposal itu sedang dipikirkan Valencia. Arsenal disaingi Liverpool dalam perebutan sosok yang baru saja membawa Spanyol menjuarai EURO U21 ini.

Kalau Mata gagal digaet, Arsenal siap membiarkan kontrak Nasri berakhir sendirinya sampai 2012. Nasri tidak keberatan menghadapi kenyataan itu. Guardian mengungkapkan, dia rela menunggu setahun demi mewujudkan mimpi pindah ke klub yang diyakininya dapat memberinya prestasi.