Arsenal Tertarik Juan Mata, Cesc Fabregas Siap-siap

Diposkan oleh Hulu on 27 June, 2011

Arsenal Tertarik Juan Mata, Cesc Fabregas Siap-siap

VIVA-BOLA, Langkah Cesc Fabregas untuk bergabung bersama Barcelona semakin dekat menuju realisasi. Pasalnya, secara mengejutkan Arsenal melakukan penawaran terhadap bintang timnas Spanyol U21, Juan Mata. Tipikal pemain didikan akademi junior Real Madrid ini memang sama persis dengan Super Fab, yakni bisa di lini tengah, gelandang serang ataupun bergerak di sisi kiri.

Hebatnya, demi mendapatkan Mata, The Gunners sudah mengirim proposal transfer dengan bandrol 18 juta pounds atau lebih dari 243 miliar. Angka ini jelas spektakuler, mengingat uang terbesar yang pernah dikeluarkan manajemen Emirates Stadium untuk membeli pemain adalah 13 juta pounds, saat mendatangkan Andrey Arshavin dari Zenit St Petersburg.

Seperti dirilis Daily Mail, Senin (27/6), kehadiran Juan Mata di Arsenal menjadi tenaga segar yang bakal menjadi senjata tersembunyi. Sisi positifnya, pemuda berusia 23 tahun tersebut bisa dipasangkan dengan siapapun di area tengah.

Di Valencia, ia bergerak dinamis dengan Mehmet Topal, Pablo Hernández, David Albelda dan Éver Banega. Ia juga bisa berfungsi sebagai tukang gedor. Di Los Che, ia sukses mendukung Roberto Soldado dan Aritz Aduriz.

“Mungkin saja ia menjadi bagian dari keluarga kami. Manajemen memang meminta kami untuk mengejarnya, ini bagian dari skema transfer musim panas. Kualitasnya bagus dan pola mainnya juga sama dengan tim yang sedang dibangun Arsene Wenger, yang agresif dan cepat,” ujar Steve Rowley, Direktur Pencarian Bakat Arsenal, di El Pais.

Seiring dengan rencana kedatangan pemain yang sudah mengemas 46 gol bagi Valencia tersebut, Arsenal bersiap terkait dua bintang mudanya, Gael Clichy dan Jack Wilshere. Nama pertama sudah ngebet ke Liverpool, dan uang 5 juta pounds sudah disiapkan kubu The Reds.

Kehadiran pemain timnas Prancis tersebut sangat penting, karena sepanjang musim lalu, pelatih Kenny Dalglish memaksakan Glen Johnson untuk berada di posisi kiri. Hal itu terjadi setelah Fabio Aurelio cedera, sementara Martin Kelly dan Paul Konchesky, dianggap kurang pengalaman dan terlalu riskan untuk menghadapi laga besar.

Wenger sendiri lebih memercayakan posisi fullback kiri kepada Kieron Gibbs, dan musim depan sudah berencana memindahkan Thomas Vermaelen ke posisi itu sebagai pelapis.

Sementara manajemen Arsenal sudah bersiap untuk memagari bintang muda mereka, Jack Wilshere. Bukan rahasia lagi, banyak klub Eropa menginginkan jasa pemain timnas Inggris tersebut. Walhasil, kubu London sudah menyiapkan perpanjangan kontra lima tahun ke depan dengan gaji 50 ribu pounds atau lebih dari Rp 675 juta per pekan. Musim lalu, Wilshere bermain 49 kali, mencetak dua gol dan mengoleksi 9 assist.