Copa America 2011 | Brazil Siapkan Skema Trisula Samba

Diposkan oleh Hulu on 28 June, 2011

Samba Siapkan Skema Trisula
VIVA-BOLA, Brazil di era kepelatihan Mano Menezes bakal berubah total. Sepak bola pragmatis yang kerap diperlihatkan Brazil ketika masih ditangani Carlos Dunga tidak akan dipertontonkan saat tampil di Copa America 2011. Hal itu terlihat dari skema 4-2-1-3 yang akan dimainkan tim Samba –julukan Brazil.

Skema yang diharapkan lebih ofensif tersebut bakal diterapkan ketika Brazil melakoni partai perdana melawan Venezuela Minggu nanti (3/7). Dengan skema tersebut, Menezes akan menempatkan trisula atau tiga ujung tombak di lini depan. Mereka adalah Robinho, Neymar dan Alexandre Pato, tiga bomber yang bersinar di klub masing-masing. Paulo Henrique Ganso yang terus dikaitkan dengan AC Milan akan menopang trisula tadi. Skema itu sudah dijajal pada sesi latihan pertama kemarin (27/6).

”Kami siap bermain dengan gaya menyerang. Dari sini, kami bakal memperkuat skema ini dan melakukan koreksi,” kata Menezes sebagaimana dikutip Sambafoot.

Sejatinya, ini bukan kali pertama Menezes menerapkan strategi ofensif. Ketika menghadapi Belanda pada laga uji coba yang berakhir dengan skor imbang tanpa gol, Samba telah menerapkan skema tersebut. Ketika menjalani debut sebagai pelatih Brazil, Menezes juga mencoba skema itu saat meladeni Amerika Serikat pada Agustus 2010. Saat itu Brazil dengan trisula Robinho, Neymar dan Pato menang 2-0.

”Saat melawan Belanda, kami gagal menang. Namun, skema tersebut berjalan dengan sangat baik pada babak kedua. Skema inilah yang paling sesuai dengan karakter pemain kami,” ujar mantan pelatih Corinthians itu.

Lewat skema tersebut, berakhir sudah era satu gelandang bertahan yang fokus membantu lini belakang seperti yang dulu di perankan Gilberto Silva. Kini Menezes lebih suka memasang dua gelandang bertahan yang bisa membantu serangan. Nah, tugas itu akan dipercayakan kepada gelandang Chelsea Ramires dan gelandang Liverpool Lucas Leiva atau gelandang Tottenham Hotspur Sandro.