Copa America 2011 | Lionel Messi - Neymar : Siapa Yang Terbaik ?

Diposkan oleh Hulu on 30 June, 2011

Copa America 2011 | Lionel Messi - Neymar : Siapa Yang Terbaik

VIVA-BOLA, Copa America 2011 menjadi arena unjuk kebolehan dua pemain hebat di Amerika Selatan. Siapa terbaik ? Bomber Argentina Lionel Messi atau ujung tombak Brazil, Neymar da Silva Santos Junior.

Muda, energik dan mematikan, itulah persamaan antara Neymar dan Messi. Mereka memiliki kualitas yang sudah diakui seluruh dunia. Kini,Messi dan Neymar bersiap pamer skill demi kejayaan tim nasional masing-masing. Berdasarkan prestasi, Messi boleh jemawa.

Di usianya yang baru 24 tahun, penyerang Argentina itu sudah mengumpulkan 15 gelar bersama Barcelona, di antaranya lima trofi Primera Liga dan tiga Piala Liga Champions. Kemampuannya sudah disahihkan dengan dua kali merebut predikat pemain terbaik dunia.

Messidona —julukan Messi— telah mengangkat sepak bola modern ke level lebih tinggi dengan menampilkan kecepatan saat mengumpan. Dia tercatat sebagai mesin gol dan kreator kemenangan Barcelona. Sudah 54 gol dan 24 assist disumbangkannya bagi El Azulgrana sepanjang musim 2010/2011 di semua kompetisi.

Track record Neymar tidak kalah mentereng. Meski belum pernah merebut predikat pemain terhebat dunia, pemuda berusia 19 tahun itu merupakan pahlawan bagi Santos. Terbukti, sejak masuk tim senior pada 2009, sudah empat gelar dipersembahkan, termasuk Copa do Brasil 2010.

Kecepatan serta akurasi yang dimiliki Neymar membuat sangat ditakuti pertahanan lawan. Total sudah 27 kali dia merobek gawang lawan dari 64 pertandingan di semua event dengan persentase hingga 42,1%. Sementara Messi sudah membukukan 119 gol dari 177 kesempatan secara keseluruhan di tingkat lokal atau sekitar 67,2% .

Meski demikian, Messi memiliki satu kekurangan. Dia belum memberikan kontribusi maksimal bagi negaranya. Sejauh ini baru medali emas Olimpiade (2008) serta Piala Dunia U-20 (2005) yang dihasilkan. Sementara di kompetisi lainnya seperti Piala Dunia dan Copa America, Messi selalu gagal.

Messi sudah dua kali tampil di Piala Dunia 2006 serta 2010 dan semuanya terhenti di babak perempat final. Pemain kelahiran Rosario itu bahkan tidak mencetak gol ketika berlaga di Afrika Selatan tahun lalu. Dia juga tidak bisa berbuat banyak ketika Los Albicelestes —julukan Argentina— dilumat Jerman 0-4 saat perempat final.

Bersama Argentina, Messi hanya mengemas 17 gol dari 56 pertandingan (30%). Namun, Pelatih Sergio Batista optimistis Messi akan bersinar bersama Argentina di Copa America 2011.

”Saya rasa semua tahu kualitas yang dimiliki Messi.Tak ada yang meragukan hal itu,” ucap Batista dikutip Goal.

Berbeda dengan Neymar. Young Gun kelahiran Mogi das Cruzes itu sudah memberi kontribusi bagi negaranya, yakni trofi South American Youth Championship 2011. Di kompetisi pemain U-20 itu, Neymar menahbiskan dirinya sebagai top skor dengan sembilan gol. Padahal itu penampilan perdananya bersama timnas Brazil U-20.

”Neymar memilik kekuatan fisik yang bagus.Dia akan terus berkembang lagi. Saya yakin dia bisa mengembangkan keahlian untuk melepaskan diri dari kawalan lawan,” ucap Pelatih Brazil Mano Menezes.

Catatan Neymar bersama timnas senior juga cukup membanggakan. Sudah tiga gol dihasilkan selama lima kali tampil. Bahkan, tahun ini dia selalu mencetak gol dalam tiga pertandingan yang diikuti.

Messi menyadari kutukan yang menyelimutinya ketika membela timnas. Tapi dia tidak mau menyerah begitu saja. Dia percaya bisa mengakhiri semua itu.

”Saya berharap segala sesuatunya berjalan baik bagi kami. Semua orang begitu bersemangat dengan Copa America. Sudah cukup lama Argentina tidak lagi meraih gelar bergengsi,” ujar Messi.
(m mirza)