Edan... Jawara EURO 2012 Bakal Digelontor Rp 2,4 Triliun

Diposkan oleh Hulu on 19 June, 2011

Edan... Jawara EURO 2012 Bakal Digelontor Rp 2,4 Triliun
VIVA-BOLA, Hadiah melimpah disiapkan UEFA untuk jawara EURO 2012. Jika sebelumnya tim juara diganjar 184 juta euro (sekitar Rp 2,25 triliun), kini juara EURO 2012 yang digelar di Polandia dan Ukraina, UEFA menaikkan nilai hadiah menjadi 196 juta euro (sekitar Rp 2,4 triliun). Nilai tersebut belum dihitung dari perjalanan sang juara dari fase grup sampai menahbiskan dirinya sebagai yang terbaik.

Jika dihitung dari kucuran uang yang disiap UEFA dari awal perjalanan,angka fantastis senilai 235 juta euro (sekitar Rp 2,9 triliun) akan dinikmati sang kampiun. UEFA mengucurkan dana besar demi menaikkan gengsi event terbesar di Benua Biru tersebut.

Sebanyak 16 tim yang nantinya akan memulai kompetisi dari fase grup sudah dipastikan merasakan bonus senilai 8 juta euro. Jadi kucuran uang besar sudah bisa dinikmati setiap tim peserta pergelaran empat tahunan itu. Selain 8 juta euro, uang-uang lainnya dipastikan kembali didapat jika mampu menunjukkan permainan maksimal.

Untuk tim yang mampu meraih kemenangan, uang sebesar 1 juta euro akan diberikan. Jika hanya mampu bermain imbang tak perlu khawatir, sebab uang sebesar 500.000 euro sudah dipastikan dikantongi tim peserta.

Untuk tim yang tak mampu lolos dari fase grup dan hanya menduduki posisi ketiga, tak pulang dengan tangan kosong. UEFA menyediakan uang sebesar 1 juta uero untuk tim-tim yang terpaksa angkat koper lebih cepat.

Jika ada tim yang tak bisa berbuat banyak, misalnya selalu kalah dan juga tak pernah bermain imbang, uang “pesangon” sebesar 8 juta euro sudah didapatkan. Kepastian ini sudah dijelaskan organisasi pimpinan Michel Platini itu dalam pernyataan di laman resmi UEFA.

“Sehubungan dengan pendistribusian keuangan, untuk tim yang akan berpartisipasi pada EURO 2012, UEFA telah menetapkan partisipasi per tim akan diberikan uang senilai 8 juta euro,” demikian pernyataan UEFA.

Bonus-bonus lebih besar dan lebih menggiurkan akan disiapkan UEFA per fase dari mulai babak perempat final, semifinal dan final.

Tim yang mampu meraih kemenangan di babak perempat final, bonus sebesar 2 juta euro akan dikantongi. Ganjaran bonus di babak semifinal lebih tinggi lagi. Bonus senilai 3 juta euro akan diberikan untuk tim yang mampu meraih kemenangan di fase tersebut.

Jika dari babak perempat final ke semifinal, hanya naik 1 juta euro. Tidak begitu ganjaran bonus dua tim terkuat yang akan menjadi finalis. Tim runner-up akan diberikan bonus uang senilai 4,5 juta euro. Siapa pun tim yang akan menjadi jawara EURO 2012 akan diberi bonus senilai 7,5 juta euro.