Raphael Varene Resmi Berkostum Real Madrid

Diposkan oleh Hulu on 29 June, 2011

Raphael Varene Resmi Berkostum Real Madrid

VIVA-BOLA, Zinedine Zidane menyebut Raphael Varene sebagai titisan Laurent Blanc. Namun, Real Madrid berharap bek berusia 18 tahun itu dapat mengisi kekosongan yang tercipta sejak Fernando Hierro hengkang pada 2003.

Zidane mengungkapkan kekagumannya terhadap kemampuan Varene dalam laporannya sebagai penasihat Madrid. Pada kesempatan itu dia mendesak agar El Merengues—julukan Madrid— segera bergerak mengamankan jasa Varene. Sebab, Madrid berpotensi kehilangan salah satu prospek menjanjikan jika tidak melakukannya.

”Banyak klub besar yang menginginkannya menunjukkan kapasitas Varene. Dia pemain bermasa depan cerah. Permainannya mengingatkan saya kepada Blanc. Tidak banyak saya melihat kualitas sebanyak ini pada diri seorang pemain muda,” sebut Zidane.

Sosok yang menanduk Marco Materazzi di final Piala Dunia 2006 itu boleh berpandangan demikian. Untuk sementara hanya waktu yang bisa menjawab apakah Varene bakal memenuhi ekspektasi Madrid kepadanya.

El Merengues memang merindukan seorang palang pintu tangguh.Sepeninggal Hierro berpetualang ke al-Rayyan delapan tahun silam, juara Spanyol 31 kali itu tidak memiliki bek tengah hebat.

Padahal, Madrid sudah mengeluarkan puluhan juta euro dalam proses pencariannya. Namun, nyatanya mereka gagal karena berbagai alasan, mulai cedera, performa buruk, sampai terlambat bergabung. Itulah alasan yang membuat Walter Samuel, Fabio Cannavaro, Christoph Metzelder, Jonathan Woodgate, Ezequiel Garay, Raul Albiol, Pepe dan Ricardo Carvalho tidak mampu membuat lini belakang Madrid kokoh.

Masalah itu kini diharapkan teratasi menyusul kehadiran Varene. Dengan tinggi 191 cm, dia tidak kesulitan memenangkan duel udara. Varene juga piawai membaca serangan lawan, cepat, solid dan tidak mudah panik.

”Rekomendasi Zidane cukup meyakinkan kami tentang kapasitas Varene. Saya akan membantunya beradaptasi di sini sehingga dia merasa di rumah dan bisa mengeluarkan permainan terbaik,” ungkap kompatriot Varene di Madrid, striker Karim Benzema.

Mendaratnya Varene di Santiago Bernabeu diresmikan melalui pengumuman di situs resmi Madrid. Dia diboyong dari Lens dengan harga 10 juta euro dan dikontrak enam musim.

”Dia bergabung seusai lolos tes medis,” tulis keterangan Madrid.

Kehadiran Varene menegaskan berubahnya filosofi Madrid. Mereka tidak lagi getol merekrut bintang-bintang termahal. Madrid kini fokus merekrut pemain muda berharga murah.

Sebelum menggaet Varene, El Merengues membeli gelandang berusia 22 tahun Nuri Sahin dari Borussia Dortmund senilai 10 juta euro. Tahun lalu mereka memboyong Sergio Canales dan Pedro Leon.