Wedang Jahe Atasi Flu dan Dingin Musim Hujan

Diposkan oleh Hulu on 02 April, 2016

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga bisa meredakan stres, flu, meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Selama berabad-abad, jahe dipercaya sebagai obat alami untuk melawan berbagai macam penyakit.

Khasiatnya ini telah dibuktikan para peneliti melalui berbagai penelitiannya tentang kandungan dan khasiat jahe bagi kesehatan. Herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ini, bila diolah menjadi minuman terasa begitu nikmat dengan aromanya yang khas. Apalagi bila diseruput di musim hujan seperti saat ini.

Selain bisa menghangatkan tubuh, wedang jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Apa saja ? Berikut penjelasannya seperti dikutip Zeenews, Jumat (23/11).

Meredakan Stres
Aroma campuran jahe dan gula yang begitu semerbak ternyata dapat memberi efek menenangkan dan mengangkat suasana hati Anda menjadi positif, sehingga stres pun dapat diredakan.

Mengatasi Masalah Pernapasan
Orang yang mengalami gangguan pernapasan umum seperti batuk, flu dan kedinginan sangat dianjurkan menyeruput wedang jahe. Minuman ini, menurut paa ahli, dapat membantu mengencerkan dahak yang pada gilirannya dapat melegakan pernapasan. Selain itu, wedang jahe juga dapat membantu meredakan alergi, bersin yang terus menerus, serta iritasi.

Mendorong Sirkulasi Darah
Mengonsumsi secangkir wedang jahe dapat membantu meningkatkan aliran darah, menghangatkan tubuh yang kedinginan, mengatasi demam dan keringat berlebihan. Asam amino dan mineral yang terkandung dalam jahe membuat aliran darah menjadi lancar, dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Antioksidan yang terkandung dalam wedang jahe sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum secangkir wedang jahe setiap hari dapat membantu mencegah potensi risiko stroke dengan cara menghambat timbunan lemak yang menyumbat arteri. Dengan demikian, kadar kolesterol pun bisa diturunkan dan mencegah risiko serangan jantung.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Kandungan enzim protease dan lipase yang terkandung dalam jahe berfungsi memecah protein dan lemak. Enzim inilah yang membantu mencerna dan menyerap makanan sehingga meningkatkan nafsu makan.

Tak hanya itu, jahe juga melindungi sistem pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung. Senyawa aseton dan methanol pada jahe mampu pula menghambat terjadinya iritasi pada saluran pencernaan, manfaatnya nyeri lambung bisa dikurangi dengan mengonsumsi jahe.